A. Bekerjasama di Sekitar Lingkungan Rumah
Pernahkah kamu bekerjasama di rumah? Dalam hal apa
kamu bekerja sama?
Dalam
keluarga, setiap orang mempunyai kedudukan dan peran masing-masing. Misalnya,
Ayah adalah kepala keluarga, ia bertugas mencari nafkah. Selain itu, Ayah juga
adalah pemimpin keluarga yang bertugas mengarahkan semua anggota keluarga agar
menjadi baik.
Dalam
menjalankan tugasnya, Ayah di bantu oleh Ibu. Ibu bertugas mengatur rumah dan
menjaga serta mendidik anak-anak. Dalam mengatur rumah, tentu ibu tidak bekerja
sendirian, melainkan di bantu oleh anakanak. Anak-anak harus membantu ibu
mengerjakan pekerjaan rumah, seperti menyapu, menyiram tanaman dan sebagainya.
Dengan demikian, setiap anggota keluarga bekerja sesuai dengan perannya
masing-masing sehingga situasi di rumah sangat menyenangkan dan nyaman.
Bagaimana dengan keadaan di rumahmu? Sebagai gambaran, perhatikan cerita di
keluarga Anton berikut ini.
Kerjasama di Keluarga Anton
Anton
mempunyai seorang kakak perempuan. Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan swasta
terkemuka sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Di rumah Anton mempunyai
tugas sendiri, yaitu menyiram tanaman sedangkan kakaknya bertugas menyapu.
Setiap hari Ibu membereskan rumah dan menyiapkan sarapan.
Anton merasa bangga, karena ibunya seorang wanita lembut dan setiap pekerjaan
yang dilakukannya selalu selesai dengan cepat dan rapi.
Pada
suatu waktu, ibu melahirkan adik lakilaki, Anton dan Kakak serta Ayah sangat
senang. Karena ibu masih sakit
setelah melahirkan, tugas-tugas ibu di rumah di kerjakan bersama oleh Ayah,
kakak, dan Anton. Mereka bekerjasama dan membagi tugas membereskan rumah dan
menyiapkan sarapan. Anton, membantu kakak menyapu rumah. Sedangkan Ayah
menyiapkan sarapan. Jadi meskipun ibu tidak bisa menjalankan tugas seperti
biasanya, rumah tetap rapi dan bersih. Senang bukan? Bagaimana denganmu? Apakah
kamu suka membantu ayah dan ibu?
Kegiatan
Buatlah cerita tentang kerjasama yang pernah kamu
lakukan di rumah bersama ayah, ibu, kakak atau adikmu. Tulis dalam selembar
kertas kemudian bacakan hasilnya di depan kelas.
B. Bekerjasama di Sekitar Lingkungan Sekolah
Apa yang pernah kamu lakukan bersama teman-temanmu di
sekolah
Sekolah
adalah lingkungan terdekat setelah rumah. Setiap hari kamu pergi ke sekolah dan
bermain dengan teman-temanmu bukan? Di sekolah kamu mencari ilmu dan bergaul
dengan teman sebaya. Adapun di sekolah terdapat beberapa staf seperti ada
Kepala Sekolah, guru, teman-teman sebaya, penjaga sekolah, satpam, dan
sebagainya. Setiap komponen yang ada di sekolah tersebut memiliki kedudukan dan
peran masing-masing.eta
Kerjasama
di sekolah tentu sangat diperlukan karena kegiatan di sekolah tidak akan
berjalan jika komponenkomponen yang berada di sekolah tidak bekerjasama antara
satu dan yang lainnya. Misalnya, kepala sekolah bertugas memimpin sekolah dan
membuat program-program sekolah.
Sementara
itu, guru bertugas mendidik anak-anak dan menjalankan program-program yang
telah ditetapkan. Adapun penjaga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan
dan bersama-sama satpam menjaga keamanan sekolah. Lalu, apa tugasmu sebagai
murid? Kamu bertugas belajar dengan sungguh-sungguh dan mentaati peraturan dan
tata tertib yang berlaku di sekolah. Kerjasama di antara semua komponen sekolah
tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan sekolah yang lebih maju. Bagaimana
dengan kerjasama disekolahmu?
Kegiatan
Ceritakan tentang kerjasama di lingkungan sekolahmu.
Kamu boleh melengkapi ceritamu dengan gambar sekolahmu atau siswa di kelas Kumpulkan hasilnya kepada gurumu
untuk dinilai. Selamat bekerja!
C. Kerjasama di Lingkungan Kelurahan atau Desa
Pernahkah kamu melihat orang-orang di sekitar rumahmu
bekerjasama?
Lingkungan
terbesar yang paling dekat dengan kita adalah lingkungan kelurahan atau desa.
Pernahkah kamu melihat orang-orang di sekitar rumahmu bekerjasama? Kerjasama di
lingkungan kelurahan dapat berupa kerja bakti membersihkan selokan dan
lingkungan sekitarnya. Contoh lainnya yaitu bersama membangun jembatan, membersihkan
lingkungan, dan sebagainya.
Dalam
masyarakat kita, kerjasama dikenal dengan istilah gotong-royong. Gotong royong
ini kemudian menjadi ciri khas budaya negara kita.
Kegiatan
Isilah kolom kegiatan kerjasama di lingkungan
kelurahan berikut ini
No
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
Kegiatan jumsih
|
Kegiatan membersihkan lingkungan
setiap hari Jumat, yaitu
kegiatan Jumat bersih
|
2
|
||
3
|
Rangkuman
1. Menjalankan peran di keluarga dengan baik berarti telah
membantu mewujudkan keluarga yang bahagia
2. Kerjasama di sekolah dilakukan dengan menjalankan peran
sesuai dengan kedudukannya
3. Kerjasama di lingkungan kelurahan dapat berupa
kerja bakti membersihkan selokan
4. Dalam masyarakat kita, kerjasama dikenal dengan
istilah gotong royong
Uji Kompetensi
Kerjakan soal-soal berikut ini pada buku tugasmu
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Anggota keluarga yang berkedudukan sebagai kepala
keluarga adalah ....
a. ibu b. ayah
c. kakak d.
adik
2. Kewajiban anak dalam keluarga, yaitu ....
a. bermain b.
bersantai
c. belajar d.
tidur
3. Tugas ibu di rumah adalah ....
a. ibu rumah tangga
b. kepala keluarga
c. membersihkan rumah
d. menolong ayah
4. Salah satu tugas kepala sekolah adalah ....
a. mengajar di kelas
b. membuat peraturan
c. memimpin sekolah
d. membersihkan kelas
5. Tugas guru adalah ....
a. memimpin sekolah
b. membersihkan kelas
c. mendidik orang lain
d. mendidik siswa-siswinya
6. Penjaga sekolah bertugas ....
a. menjaga sekolah
b. membersihkan sekolah
c. mengatur sekolah
d. mengecat sekolah
7. Memelihara kebersihan sekolah dan menjaga
ketertiban sekolah adalah tugas ....
a. semua komponen sekolah
b. kepala sekolah
c. guru
d. penjaga sekolah
8. Kegiatan gotong royong dapat dilakukan oleh ....
a. orang dewasa b.
semua orang
c. orangtua d.
anak-anak
9. Keamanan lingkungan adalah tanggung jawab ....
a. ketua RT b.
kepala desa
c. ketua RW d.
semua warga
10. Manfaat gotong royong adalah ....
a. memupuk persatuan
b. meningkatkan keamanan
c. memperoleh pujian
d. mendapatkan solidaritas
B. Isilah titik-titik dalam soal berikut ini
Tulis jawabanmu dalam buku tugas
1. Berikan contoh kerjasama di lingkungan rumah!
2. Berikan contoh kerjasama di lingkungan sekolah!Penget
3. Berikan contoh kerjasama di lingkungan kelurahan!
4. Kerjasama disebut juga ....
5. Manfaat gotong royong adalah ....
C. Tugas
1. Berikan contoh kerjasama di lingkungan rumah, sekolah
dan kelurahan, lalu isikan pada kolom berikut ini!
No
|
Kerjasama di rumah
|
Kerjasama di sekolah
|
Kerjasama di kelurahan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
2. Buatlah cerita tentang kerjasama yang pernah kamu
lihat di lingkungan kelurahan atau desa tempat tinggalmu.
Uji kompetensi Semester Ganjil
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Kenampakan yang diciptakan oleh Tuhan disebut
....
a. kenampakan buatan
b. kenampakan alam
c. kenampakan ciptaan
d. kenampakan alami
2. Gunung dibagi dua, ada gunung tidak berapi adan
ada juga gunung ....
a. berlahar c.
berbatu
b. berapi d.
berbukit
3. Daerah rawa-rawa biasanya banyak ditemukan di
daerah ....
a. sungai c.
dataran tinggi
b. pantai d.
dataran rendah
4. Contoh kenampakan buatan adalah ....
a. lembah c.
laut
b. pantai d.
waduk
5. Perbuatan yang memelihara kelestarian lingkungan
alam adalah ....
a. membuang sampah sembarangan
b. menebang pohon
c. tidak membuang sampah sembarangan
d. tidak peduli pada lingkungan
Pengetahuan Sosial
6. Manusia dan lingkungannya ....
a. tidak dapat dipisahkan
b. harus dibedakan
c. saling melengkapi
d. saling memberi
7. Bencana longsor disebabkan tidak terpeliharanya
....
a. hutan
b. lingkungan buatan
c. lingkungan alam
d. rumah
8. Salah satu manfaat memelihara lingkungan dengan
baik adalah ....
a. banyak bibit penyakit
b. tidak dapat menghindar dari bahaya banjir
c. terhindar dari berbagai bibit penyakit
d. tidak terhindar dari bahaya longsor
9. Untuk memudahkan kamu mencari suatu ruangan,
kamu dapat mencarinya menggunakan bantuan ....
a. peta c.
buku
b. denah d.
bertanya kepada orang
10. Manfaat peta yaitu ....
a. untuk mencari letak ruangan
b. untuk memperoleh informasi ruangan
c. untuk mencari letak suatu tempat
d. untuk menjadi panduan mencari letak suatu ruangan
11. Gambar yang menampakkan suatu permukaan bumi
disebut ....
a. denah c.
bangunan
b. peta d.
globe
12. Anggota keluarga yang berkedudukan sebagai
kepala keluarga adalah ....
a. ibu c.
kakak
b. ayah d.
adik
13. Tugas guru adalah ....
a. memimpin sekolah
b. membersihkan kelas
c. mendidik orang lain
d. mendidik siswa-siswinya
14. Kegiatan gotong royong dapat dilakukan oleh ....
a. orang dewasa c.
orangtua
b. semua orang d.
anak-anak
15. Manfaat gotong royong adalah ....
a. memupuk persatuan
b. meningkatkan keamanan
c. memperoleh pujian
d. mendapatkan solidaritas
B. Isilah titik-titik dalam soal berikut ini
1. Kenampakan adalah ....
2. Manfaat dari memelihara lingkungan dengan baik adalah
....
3. Peta adalah ....
4. Berikan contoh kerjasama di lingkungan sekolah
....
5. Berikan contoh kerjasama di lingkungan
kelurahan....
di unduh dari : (www.bukupaket.com)
berikut merupakan video terkait materi tersebut :
0 komentar:
Posting Komentar