A. Kegunaan Uang
Tahukah kamu kegunaan uang?
Tahukah
kamu mengapa ketika kamu menginginkan sepatu yang dijual oleh pedagang di
pasar, harus ditukar dengan uang yang kamu punya? Sama halnya ketika kamu naik
angkutan kota, kamu harus membayarnya dengan uang bukan?
Dari
contoh di atas dapat disimpulkan bahwa salah satu kegunaan uang adalah sebagai
alat tukar atau sebagai alat pembayaran yang sah. Hal ini berarti bahwa kita dapat
menggunakan uang untuk membayar sesuatu.
Selain
sebagai alat tukar, uang juga berguna sebagai satuan hitung. Contohnya, harga
buku yang kamu miliki adalah Rp. 2500,- dan harga pinsil Rp. 1500,- Dalam hal
ini, dengan uang kita dapat menentukan atau menghitung harga barang-barang tersebut.
Fungsi
uang yang lainnya adalah sebagai alat pemindah kekayaan. Contohnya uang dapat
berfungsi sebagai alat pemindah kekayaan, misalnya pada suatu hari, orang tuamu
menjual mobil yang dimilikinya, kemudian uang hasil menjual mobil tersebut
digunakan untuk membeli rumah baru.Pengetahuan
Sosial
Orang-orang
yang mempunyai kelebihan uang atau harta biasanya akan menyimpan sebagian
uangnya di bank. Kekayaan yang disimpan dalam bentuk uang dinilai lebih
praktis, mudah dibawa kemana-mana, dan lebih cepat digunakan apabila ada
keperluan yang mendesak. Kegiatan orang yang menyimpan kekayaannya dalam bentuk
uang ini menunjukkan bahwa uang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan
kekayaan. Menabung di bank adalah salah satu bentuk menyimpan kekayaan dalam
bentuk uang
Kegiatan
Tentu
kamu sering menggunakan uang bukan? Buatlah cerita pengalaman kamu dalam
menggunakan uang pada selembar kertas Bacakan pengalamanmu tersebut di depan
kelas
B. Cara Mengelola Uang dengan Baik
Bagaimanakah cara mengelola uang dengan baik?
Perhatikan contoh penggunaan uang dalam cerita di bawah
ini!
1. Bambang adalah seorang siswa SD Harapan Bangsa Kelas
II. Setiap hari, ia diberi uang oleh ibunya sebesar Rp. 5000,00,- untuk bekal
ke sekolah. Setiap hari, uang tersebut habis untuk jajan. Bahkan tak jarang
Bambang meminta lagi kepada ibunya untuk jajan di rumah
2. Lain halnya dengan Susi. Susi adalah siswa kelas
III SD Pelita Jaya. Setiap hari, Susi diberi uang bekal ke sekolah Rp.
4.000,00,- Uang bekal susi tidak semuanya dia habiskan, setiap harinya Susi
selalu menyisihkan uang Rp. 1.000,00,- untuk disimpan di celengan dan setiap
akhir bulan uang yang terkumpul dalam celengan, Susi buka untuk kemudian
ditabungkan di Bank.
Apa
yang dapat kamu ambil berdasarkan cerita diatas? Coba kamu bandingkan apa yang
dilakukan oleh Bambang dan Susi dalam menggunakan uang. Bambang adalah anak
yang tidak pandai dalam mengelola uang. Dia menghabiskan semua uangnya untuk
jajan. Oleh karena itu, Bambang dapat dikatakan boros. Lain dengan Susi, Susi
adalah anak yang pandai mengelola uang.
Hal
ini dapat dilihat dari sikapnya Susi tidak serta merta menghabiskan uangnya untuk jajan. Dia selalu
menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Bagaimana dengan kamu? Apakah
semua uang bekalmu dihabiskan untuk jajan? Perlu kamu ketahui bahwa dalam
mengelola uang kita harus hemat, berhati-hati, dan tidak berlebihan. Kita
harus berusaha menyisihkan sebagian uang kita untuk ditabung
sehingga jika kita mempunyai kebutuhan mendadak, kita bisa menggunakan uang
tabungan itu.
Kegiatan
Apakah kamu mempunyai tabungan atau celengan?
Apakah kamu suka menyisihkan uangmu untuk ditabung?
Tulis jawabanmu dalam sebuah karangan singkat, dalam selembar
kertas. Bacakan hasilnya di depan kelas.
C. Manfaat Mengelola Uang dengan Baik
Apa manfaat yang kamu rasakan dari mengelola uang
dengan baik?
Banyak
manfaat yang dapat kita rasakan apabila mengelola uang dengan baik, di
antaranya, kita dapat membeli barang-barang yang kita sukai dengan uang sendiri,
jika kita membutuhkan uang secara mendadak, kita dapat dengan mudah memperolehnya,
berguna untuk bekal masa depan, dan membiasakan hidup hemat serta disiplin.
Perhatikan cerita di bawah ini
Rajin Menabung
Trisno
adalah seorang siswa kelas III SD Nusantara. Trisno rajin menabung. Setiap hari
dia selalu menyisihkan uang jajannya untuk disimpan di celengan. Setiap akhir
bulan Trisno membuka celengannya dan menyimpan uang yang terkumpul dalam
celengan tersebut ke bank,
ditemani ibunya. Uang Trisno yang terkumpul di bank
pun kian hari semakin banyak.
Pada
suatu hari, Trisno ingin membeli sepeda baru karena sepedanya yang lama sudah
rusak. Trisno pun mengutarakan niatnya untuk membeli sepatu baru kepada ayah
dan ibunya. Namun ayah dan ibunya saat itu tidak memiliki uang banyak. Trisno
pun mengatakan pada ayah dan ibunya bahwa telah memiliki tabungan, seluruh uang
yang terkumpul berjumlah Rp.1.000.000 (satujuta
rupiah) yang bisa digunakan untuk
membeli sepeda. Akhirnya pada hari minggu Trisno diantar ayah dan ibunya
membeli sepeda baru.
Kegiatan
1. Menurutmu apa manfaat mengelola uang dengan baik
2. Buat cerita tentang pengalamanmu mengelola uang
dalam sehelai kertas, kumpulkan hasilnya kepada gurumu untuk dinilai, lalu
bacakan di depan kelas
Rangkuman
1. Kegunaan uang diantaranya adalah sebagai alat
tukar, satuan hitung, alat pemindah kekayaan, dan alat untuk menyimpan kekayaan
2. Cara mengelola uang dengan baik salah satunya adalah
dengan cara menghemat dan membiasakan diri menabung
3. Manfaat mengelola uang dengan baik, yaitu untuk bekal
masa depan dan membiasakan hidup hemat serta disiplin
4. Hidup hemat adalah menggunakan uang sesuai kebutuhan
dan penuh perhitungan
Sosial
Uji Kompetensi
Kerjakan soal-soal berikut ini pada buku tugasmu
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Kegunaan uang yang paling pokok adalah sebagai ....
a. alat penimbun kekayaan
b. alat tukar menukar
c. alat pemindah kekayaan
d. satuan hitung
2. Elan menyimpan uangnya di Bank dan sebagian
lainnya di celengan, kegiatan Elan menunjukkan fungsi sebagai ....
a. alat tukar menukar
b. alat pemindah kekayaan
c. alat penimbun kekayaan
d. satuan hitung
3. Ketika kalian membeli sepatu, tercantum harga Rp. 50.000,00,-
Hal tersebut menunjukkan kegunaan uang sebagai ....
a. alat satuan hitung
b. alat tukar menukar
c. alat pembayaran utang
d. alat penimbun kekayaan
4. Andi menginginkan mobil-mobillan yang dijual di
pasar, kemudian ibunya membeli mainan tersebut kepada pedagangan di pasar, hal
tersebut menunjukkan fungsi uang sebagai ....
a. alat pembayaran utang
b. alat satuan hitung
c. alat tukar menukar
d. alat untuk membeli
5. Berikut yang bukan fungsi pokok uang adalah ....
a. alat tukar menukar
b. alat satuan hitung
c. alat pembayar utang
d. alat untuk membeli
6. Mengelola uang yang baik dilakukan dengan cara
....
a. seenaknya c.
boros
b. semaunya d.
sesuai kebutuhan
7. Menyisihkan sebagian uang untuk berjaga-jaga dan untuk
persiapan hari mendatang disebut ....
a. meminta uang c.
uang bulanan
b. menabung d.
membeli
8. Jika kamu memiliki uang dalam jumlah banyak,
sebaiknya uangmu itu kamu simpan di ....
a. celengan c.
bank
b. dititipkan di ibu d.
koperasi
9. Jika kamu diberi uang jajan oleh ibu, uang
tersebut sebaiknya kamu ....
a. simpan sebagian
b. habiskan
c. berikan sebagian ke teman
d. disimpan semuanya
Pengetahuan Sosial
10. Contoh pola hidup hemat adalah ....
a. menggunakan uang secara berlebihan
b. menghabiskan semua uang yang diberi oleh ibu
c. membagikan uang ke teman-teman
d. mengelola uang dengan baik dan penuh perhitungan
B. Isilah titik-titik dalam soal berikut ini. Tulis
jawabanmu
dalam buku tugas
1. Sebutkan kegunaan uang yang kalian ketahui!
2. Berikan contoh kegunaan uang sebagai alat penimbun
kekayaan!
3. Jelaskan perbedaan uang sebagai penimbun kekayaan dan
sebagai pemindah kekayaan!
4. Berikan contoh kegunaan uang sebagai alat tukar menukar!
5. Jelaskan dua kegunaan pokok uang!
C. Tugas
1. Jelaskan pengertian
a. Boros
b. Hemat
c. Menabung
d. Disiplin
2. Mintalah penjelasan kepada Ayah dan Ibumu atau kakakmu
tentang bagaimana cara mengelola uang dengan baik berikut manfaatnya
3. Buat sebuah karangan tentang pengalamanmu dalam
mengelola uang pada selembar kertas
Uji Kompetensi Semester Genap
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, yaitu
....
a. tukang becak c.
tukang cukur
b. sopir angkot d.
penjahit
2. Nelayan menghasilkan ....
a. sayuran c.
telur
b. padi d. ikan
3. Ciri orang yang memiliki semangat kerja adalah
....
a. gembira c.
malas bekerja
b. disiplin d.
tidak bekerja
4. Hasil pekerjaan yang dilakukan tidak dengan ikhlas
akan ....
a. tidak maksimal c. tidak mudah
b. baik d. mudah
5. Kegiatan jual beli di lingkungan rumah biasanya dilakukan
di ....
a. pasar c.
warung
b. toko besar d. supermarket
6. Kegiatan jual beli bertujuan untuk ....
a. memenuhi keinginan
b. menghabiskan barang
c. memenuhi kebutuhan hidup
d. memperoleh barang
Pengetahuan Sosial
7. Barang-barang yang dijual di warung diantaranya adalah
....
a. mainan c.
TV
b. beras d.
pakaian
8. Jual beli di lingkungan sekolah umumnya berbentuk ....
a. warung c.
minimarket
b. toko besar d. supermarket
9. Di koperasi biasanya disediakan barang kebutuhan siswa
berupa ....
a. mainan
b. makanan pokok
c. barang-barang kebutuhan pokok
d. alat tulis
10. Kegiatan tukar menukar barang dengan barang
disebut....
a. jual c. barter
b. beli d. tukar
11. Contoh uang barang adalah ....
a. batu c. uang
b. barang d.
kulit kerang
12. Suatu alat yang dijadikan sebagai alat tukar masa
kini adalah ....
a. uang barang c.
beras
b. uang d.
emas
13. Uang kertas terbuat dari bahan ....
a. logam c.
batu
b. kertas d.
alumunium
14. Fungsi utama uang adalah untuk ....
a. alat pembayaran
b. tabungan
c. membeli pakaian sekolah
d. membeli sepatu
15. Mengelola uang yang baik dilakukan dengan cara
....
a. seenaknya c. semaunya
b. boros d.
sesuai kebutuhan
B. Isilah titik-titik dalam soal berikut ini
1. Sebutkan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang!
2. Jika kamu ingin pergi ke suatu tempat, kamu membutuhkan
jasa ....
3. Sebutkan 3 macam barang apa saja yang biasa tersedia
di warung!
4. Ciri-ciri uang kertas adalah ....
5. Jelaskan perbedaan uang sebagai penimbun kekayaan
dan sebagai pemindah kekayaan!
di unduh dari : (www.bukupaket.com)
sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)
berikut merupakan video terkait materi tersebut :
1 komentar:
Terima kasih bu
Pelajarn dan media yang bagus untuk anak-anak
Baca juga:
Rangkuman Materi Pelajaran Kelas 3 SD
Posting Komentar