Minggu, 25 November 2018

Materi IPS Kelas 3 Bab 8 : Penggunaan uang



A. Kegunaan Uang
Tahukah kamu kegunaan uang?
Tahukah kamu mengapa ketika kamu menginginkan sepatu yang dijual oleh pedagang di pasar, harus ditukar dengan uang yang kamu punya? Sama halnya ketika kamu naik angkutan kota, kamu harus membayarnya dengan uang bukan?
Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa salah satu kegunaan uang adalah sebagai alat tukar atau sebagai alat pembayaran yang sah. Hal ini berarti bahwa kita dapat menggunakan uang untuk membayar sesuatu.
Selain sebagai alat tukar, uang juga berguna sebagai satuan hitung. Contohnya, harga buku yang kamu miliki adalah Rp. 2500,- dan harga pinsil Rp. 1500,- Dalam hal ini, dengan uang kita dapat menentukan atau menghitung harga barang-barang tersebut.
Fungsi uang yang lainnya adalah sebagai alat pemindah kekayaan. Contohnya uang dapat berfungsi sebagai alat pemindah kekayaan, misalnya pada suatu hari, orang tuamu menjual mobil yang dimilikinya, kemudian uang hasil menjual mobil tersebut digunakan untuk membeli rumah baru.Pengetahuan Sosial
Orang-orang yang mempunyai kelebihan uang atau harta biasanya akan menyimpan sebagian uangnya di bank. Kekayaan yang disimpan dalam bentuk uang dinilai lebih praktis, mudah dibawa kemana-mana, dan lebih cepat digunakan apabila ada keperluan yang mendesak. Kegiatan orang yang menyimpan kekayaannya dalam bentuk uang ini menunjukkan bahwa uang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan kekayaan. Menabung di bank adalah salah satu bentuk menyimpan kekayaan dalam bentuk uang

Kegiatan
Tentu kamu sering menggunakan uang bukan? Buatlah cerita pengalaman kamu dalam menggunakan uang pada selembar kertas Bacakan pengalamanmu tersebut di depan kelas

B. Cara Mengelola Uang dengan Baik
Bagaimanakah cara mengelola uang dengan baik?
Perhatikan contoh penggunaan uang dalam cerita di bawah ini!
1. Bambang adalah seorang siswa SD Harapan Bangsa Kelas II. Setiap hari, ia diberi uang oleh ibunya sebesar Rp. 5000,00,- untuk bekal ke sekolah. Setiap hari, uang tersebut habis untuk jajan. Bahkan tak jarang
Bambang meminta lagi kepada ibunya untuk jajan di rumah
2. Lain halnya dengan Susi. Susi adalah siswa kelas III SD Pelita Jaya. Setiap hari, Susi diberi uang bekal ke sekolah Rp. 4.000,00,- Uang bekal susi tidak semuanya dia habiskan, setiap harinya Susi selalu menyisihkan uang Rp. 1.000,00,- untuk disimpan di celengan dan setiap akhir bulan uang yang terkumpul dalam celengan, Susi buka untuk kemudian ditabungkan di Bank.
Apa yang dapat kamu ambil berdasarkan cerita diatas? Coba kamu bandingkan apa yang dilakukan oleh Bambang dan Susi dalam menggunakan uang. Bambang adalah anak yang tidak pandai dalam mengelola uang. Dia menghabiskan semua uangnya untuk jajan. Oleh karena itu, Bambang dapat dikatakan boros. Lain dengan Susi, Susi adalah anak yang pandai mengelola uang.
Hal ini dapat dilihat dari sikapnya Susi tidak serta merta menghabiskan uangnya untuk jajan. Dia selalu menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Bagaimana dengan kamu? Apakah semua uang bekalmu dihabiskan untuk jajan? Perlu kamu ketahui bahwa dalam mengelola uang kita harus hemat, berhati-hati, dan tidak berlebihan. Kita
harus berusaha menyisihkan sebagian uang kita untuk ditabung sehingga jika kita mempunyai kebutuhan mendadak, kita bisa menggunakan uang tabungan itu.

Kegiatan
Apakah kamu mempunyai tabungan atau celengan?
Apakah kamu suka menyisihkan uangmu untuk ditabung?
Tulis jawabanmu dalam sebuah karangan singkat, dalam selembar kertas. Bacakan hasilnya di depan kelas.

C. Manfaat Mengelola Uang dengan Baik
Apa manfaat yang kamu rasakan dari mengelola uang dengan baik?
Banyak manfaat yang dapat kita rasakan apabila mengelola uang dengan baik, di antaranya, kita dapat membeli barang-barang yang kita sukai dengan uang sendiri, jika kita membutuhkan uang secara mendadak, kita dapat dengan mudah memperolehnya, berguna untuk bekal masa depan, dan membiasakan hidup hemat serta disiplin.
Perhatikan cerita di bawah ini

Rajin Menabung
Trisno adalah seorang siswa kelas III SD Nusantara. Trisno rajin menabung. Setiap hari dia selalu menyisihkan uang jajannya untuk disimpan di celengan. Setiap akhir bulan Trisno membuka celengannya dan menyimpan uang yang terkumpul dalam celengan tersebut ke bank,
ditemani ibunya. Uang Trisno yang terkumpul di bank pun kian hari semakin banyak.
Pada suatu hari, Trisno ingin membeli sepeda baru karena sepedanya yang lama sudah rusak. Trisno pun mengutarakan niatnya untuk membeli sepatu baru kepada ayah dan ibunya. Namun ayah dan ibunya saat itu tidak memiliki uang banyak. Trisno pun mengatakan pada ayah dan ibunya bahwa telah memiliki tabungan, seluruh uang
yang terkumpul berjumlah Rp.1.000.000 (satujuta rupiah) yang bisa  digunakan untuk membeli sepeda. Akhirnya pada hari minggu Trisno diantar ayah dan ibunya membeli sepeda baru.

Kegiatan
1. Menurutmu apa manfaat mengelola uang dengan baik
2. Buat cerita tentang pengalamanmu mengelola uang dalam sehelai kertas, kumpulkan hasilnya kepada gurumu untuk dinilai, lalu bacakan di depan kelas

Rangkuman
1. Kegunaan uang diantaranya adalah sebagai alat tukar, satuan hitung, alat pemindah kekayaan, dan alat untuk menyimpan kekayaan
2. Cara mengelola uang dengan baik salah satunya adalah dengan cara menghemat dan membiasakan diri menabung
3. Manfaat mengelola uang dengan baik, yaitu untuk bekal masa depan dan membiasakan hidup hemat serta disiplin
4. Hidup hemat adalah menggunakan uang sesuai kebutuhan dan penuh perhitungan
Sosial
Uji Kompetensi
Kerjakan soal-soal berikut ini pada buku tugasmu
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Kegunaan uang yang paling pokok adalah sebagai ....
a. alat penimbun kekayaan
b. alat tukar menukar
c. alat pemindah kekayaan
d. satuan hitung

2. Elan menyimpan uangnya di Bank dan sebagian lainnya di celengan, kegiatan Elan menunjukkan fungsi sebagai ....
a. alat tukar menukar
b. alat pemindah kekayaan
c. alat penimbun kekayaan
d. satuan hitung

3. Ketika kalian membeli sepatu, tercantum harga Rp. 50.000,00,- Hal tersebut menunjukkan kegunaan uang sebagai ....
a. alat satuan hitung
b. alat tukar menukar
c. alat pembayaran utang
d. alat penimbun kekayaan

4. Andi menginginkan mobil-mobillan yang dijual di pasar, kemudian ibunya membeli mainan tersebut kepada pedagangan di pasar, hal tersebut menunjukkan fungsi uang sebagai ....
a. alat pembayaran utang
b. alat satuan hitung
c. alat tukar menukar
d. alat untuk membeli

5. Berikut yang bukan fungsi pokok uang adalah ....
a. alat tukar menukar
b. alat satuan hitung
c. alat pembayar utang
d. alat untuk membeli

6. Mengelola uang yang baik dilakukan dengan cara ....
a. seenaknya                c. boros
b. semaunya                d. sesuai kebutuhan

7. Menyisihkan sebagian uang untuk berjaga-jaga dan untuk persiapan hari mendatang disebut ....
a. meminta uang          c. uang bulanan
b. menabung                d. membeli

8. Jika kamu memiliki uang dalam jumlah banyak, sebaiknya uangmu itu kamu simpan di ....
a. celengan                  c. bank
b. dititipkan di ibu      d. koperasi

9. Jika kamu diberi uang jajan oleh ibu, uang tersebut sebaiknya kamu ....
a. simpan sebagian
b. habiskan
c. berikan sebagian ke teman
d. disimpan semuanya
Pengetahuan Sosial
10. Contoh pola hidup hemat adalah ....
a. menggunakan uang secara berlebihan
b. menghabiskan semua uang yang diberi oleh ibu
c. membagikan uang ke teman-teman
d. mengelola uang dengan baik dan penuh perhitungan

B. Isilah titik-titik dalam soal berikut ini. Tulis jawabanmu
dalam buku tugas
1. Sebutkan kegunaan uang yang kalian ketahui!
2. Berikan contoh kegunaan uang sebagai alat penimbun kekayaan!
3. Jelaskan perbedaan uang sebagai penimbun kekayaan dan sebagai pemindah kekayaan!
4. Berikan contoh kegunaan uang sebagai alat tukar menukar!
5. Jelaskan dua kegunaan pokok uang!

C. Tugas
1. Jelaskan pengertian
a. Boros
b. Hemat
c. Menabung
d. Disiplin
2. Mintalah penjelasan kepada Ayah dan Ibumu atau kakakmu tentang bagaimana cara mengelola uang dengan baik berikut manfaatnya
3. Buat sebuah karangan tentang pengalamanmu dalam mengelola uang pada selembar kertas

Uji Kompetensi Semester Genap
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, yaitu ....
a. tukang becak                       c. tukang cukur
b. sopir angkot                        d. penjahit

2. Nelayan menghasilkan ....
a. sayuran                                c. telur
b. padi                                                 d. ikan

3. Ciri orang yang memiliki semangat kerja adalah ....
a. gembira                                c. malas bekerja
b. disiplin                                d. tidak bekerja

4. Hasil pekerjaan yang dilakukan tidak dengan ikhlas akan ....
a. tidak maksimal                    c. tidak mudah
b. baik                                                 d. mudah

5. Kegiatan jual beli di lingkungan rumah biasanya dilakukan di ....
a. pasar                                    c. warung
b. toko besar                            d. supermarket

6. Kegiatan jual beli bertujuan untuk ....
a. memenuhi keinginan
b. menghabiskan barang
c. memenuhi kebutuhan hidup
d. memperoleh barang
Pengetahuan Sosial
7. Barang-barang yang dijual di warung diantaranya adalah ....
a. mainan                                 c. TV
b. beras                                    d. pakaian

8. Jual beli di lingkungan sekolah umumnya berbentuk ....
a. warung                                c. minimarket
b. toko besar                            d. supermarket

9. Di koperasi biasanya disediakan barang kebutuhan siswa berupa ....
a. mainan
b. makanan pokok
c. barang-barang kebutuhan pokok
d. alat tulis

10. Kegiatan tukar menukar barang dengan barang disebut....
a. jual                                       c. barter
b. beli                                      d. tukar
           
11. Contoh uang barang adalah ....
a. batu                                                 c. uang
b. barang                                 d. kulit kerang

12. Suatu alat yang dijadikan sebagai alat tukar masa kini adalah ....
a. uang barang                         c. beras
b. uang                                    d. emas

13. Uang kertas terbuat dari bahan ....
a. logam                                   c. batu
b. kertas                                   d. alumunium
14. Fungsi utama uang adalah untuk ....
a. alat pembayaran
b. tabungan
c. membeli pakaian sekolah
d. membeli sepatu

15. Mengelola uang yang baik dilakukan dengan cara ....
a. seenaknya                            c. semaunya
b. boros                                   d. sesuai kebutuhan

B. Isilah titik-titik dalam soal berikut ini
1. Sebutkan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang!
2. Jika kamu ingin pergi ke suatu tempat, kamu membutuhkan jasa ....
3. Sebutkan 3 macam barang apa saja yang biasa tersedia di warung!
4. Ciri-ciri uang kertas adalah ....
5. Jelaskan perbedaan uang sebagai penimbun kekayaan dan sebagai pemindah kekayaan!

di unduh dari : (www.bukupaket.com)
sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)
berikut merupakan video terkait materi tersebut :

1 komentar:

Pak Yono mengatakan...

Terima kasih bu
Pelajarn dan media yang bagus untuk anak-anak

Baca juga:
Rangkuman Materi Pelajaran Kelas 3 SD

Posting Komentar

 

SEPUTAR DUNIA MI Published @ 2014 by Ipietoon